Wednesday, October 24, 2012

ilmu komunikasi - pendekatan kuantitatif dan Kualitatif dalam penelitian komunikasi



I

PENDAHULUAN

Kebanyakan pustaka tentang metode penelitian komunikasi masih terlalu rumit untuk dipahami. Jika dipandang secara literature memang sudah cukup lengkap namun bahasa yang digunakan masih sangat luas Maka diperlukan adanya suatu kajian tentang hal tersebut.


Guna menyikapi sulitnya memahami dari teks teks yang sudah ada penulis berusaha untuk menyedhanakan pembahasan menggunakan pemahaman yang sederhana. Hal ini bertujuan agar nantinya mampu mempermudah membantu memahamkan tentang pengertian penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif.

Jika dipandang perlu maka perlu dilakukan pembahasan tentang perbedaan dari kedua tipe pendekatan tersebut serta akan dibahas pula penerapannya. sekiranya ada kemanfaatan tidak lain untuk kemanfaatan keilmuan dan jika ada kekurangan semoga bisa menjadi kajian keilmuan bagi pihak lain yang lebih memahami.



II

PEMBAHASAN

A.Pengertian

Penelitian kuantitatif adalah sebuah penelitian yang menggambarkan atau menjelaskan suatu masalah yang hasilnya dapat di generalisasikan. Dengan demikian tidak terlalu mementingkan kedalaman data atau analisis. Seorang peneliti lebih mementingkan aspek keluasan data sehingga data atau hasil penelitian dianggap merupakan representasi dari seluruh populasi.

Hal ini mengartikan bahwa penelitian kuantitatif merupakan teknik penelitian yang didalamnya mengguanakan cara sampling. Yakni ketika seorang peneliti melakukan penelitian tidaklah harus mencari informasi secara menyeluruh namun dapat dilakukan dengan memilik beberapa narasumber yang dianggap dapat mewakili keseluruhan objek kajian.Lebih seting penelitian ini dikakukan di lapangan atau di masyarakat langsung.

Sedangkan penelitian kualitatif atau sering juga diistilahkan dengan metode interaksi simbolik merupakan sebuah pendekatan yang temuan temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk perhitungan lainya, prosedur ini menghasilkan temuan yang diperoleh dari data-data yang dikumpulkan dengan menggunakan beragam sarana. Sarana itu meliputi pengamatan dan wawancara, bamun bisa juga mencakup dokumen, buku, kaset, video juga bisa data yang sudah berujud atau sudah dihitung dapat dicotohkan sensus penduduk.

Disini terlihat perbedaan antara keduanya sebagaimana berikut Pendekatan kuantitatif lebih menitik beratkan pada frekwensi tinggi sedangkan pada pendekatan kualitatif lebih menekankan pada esensi dari fenomena yang diteliti.Kebenaran dari hasil analisis penelitian kuantitatif bersifat nomothetik dan dapat digeneralisasi sedangkan hasil analisis penelitian kualitatif lebih bersifat ideographik, tidak dapat digeneralisasi.

B.Tahapan Penelitian

1.Tahapan penelitian kualitatif

Dikemukakan oleh John W. Creswell dalam buku Research Design; Qualitative and Quantitative Approaches menyebutkan ada delapan tahapan. Adapun tahapan tahapan tersebut sebagai berikut:

1. The Assumptions Of Qualitative Designs

2. The Type of Design

3. The Researcher’s Role

4. The Data Collection Procedures

5. Data Recording Procedures

6. Data Analysis Procedures

7. Verification Steps

8. The Qualitative Narrative



Namun ada pendapat lain yang berbeda. Pendapat ini menyatakan delapan langkah penelitian kualitatif tersebut adalah sebagai berikut:

1. Menentukan permasalahan .

2. Melakukan studi literatur

3. Penatapan lokasi

4. Studi pendahuluan

5. Penetapan metode pengumpulan data; observasi, wawancara, dokumen, diskusi terarah

6. Analisa data selama penelitian

7. Analisa data setelah; validasi dan reliabilitas.

8. Hasil; cerita, personal, deskrifsi tebal, naratif, dapat dibantu table frekuensi.

Sedangkan dari Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman yang diterjemkan oleh Tjetjep Rehendi R. yang berjudul Analisi Data Kualitatif (1992), tahap-tahapan penelitian kualitatif itu meliputi langkah-langkah sebagai berikut:

1. Membangun Kerangka Konseptual

2. Merumuskan Permasalahan Penelitian

3. Pemilihan Sampel dan Pembatasan Penelitian

4. Instrumentasi

5. Pengumpulan Data

6. Analisis Data

7. Matriks dan Pengujian Kesimpulan

Dari bebrapa pendapat diatas penulis lebih meringkas menjadi langkah pokok yang harus dilakukan dalam penelitian komunikasi metode kualitatif yaitu perumusan permasalan yang kemudian dilanjut dengan surveying lapangan lalu pengolahan data yang kemudian ditarik kesimpulan sementara. Untuk menguji kesimpulan sementara maka dilakukan survey ulang ke lapangan penelitian.

2.Tahapan penelitian kuantitatif.

Untuk tahapan penelitian kuantitatif penulis belum biosa menemukan dengan jelas langkah langkahnya namun penulis menemukan beberapa metode penelitian tipe ini. Di ambil dari modul kuliah universitas mercu buana sub topik Metode penelitian komunikasi disana dijabarkan setidaknya ada tiga metode besar yang didalamnya mengedepankan metode praktisnya.

a.Metode Survei

survey adalah metode riset dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan datanya. Cara ini memiliki tujuan guna memperoleh informasi tentang sejumlah responden yang dianggap mewakili populasi tertentu.

Ketika peneliti menggunakan metode ini maka hal hal yang diperlukan untk melakukan penelitian ialah mempersiapkan kuesioner. Didalamnya berisikan pertanyaan pertanyaan yang sesuai dengan permasalahan yang sedang diteliti. Dari referensi yang sama terdapat keteranga lain bahwa dalam metode survey masih memungkinkan proses wawancara sebagai salah satu instrument pendukung.

b.Metode analisis isi

metode analisis ini adalah metode yang digunakan untuk meneliti atau menganalisis isi komunikasi secara sistematik, objektif dan kuantitatif.

Objektif maksudnya bahwa peneliti harus mampu mengesampingkan factor sifat subjektif. Sehingga analisis benar benar bersifat objektif dan bila dilakukan penelitian lagi oleh pihak lain maka hasilnya akan relative sama dengan apa yang sudah menjadi kesimpulan peneliti sebelumnya.

Jalaludin rakhmat menyatakan analisis isi digunakan untuk memperoleh keterangan dari isi komunikasi yang disampaikan dalam bentuk lambang. Analisis isi dapat digunakan untuk menganalisis semua bentuk komunikasi.

Bentuk bentuk komunikasi dapat berupasurat kabar, buku, undang-undang, music, teater serta berbagai jenis komunikasi yang lain.

c.Metode Eksperimen

Metode ini sering digunakan untuk meneliti hubungan sebab akibat atau hubungan antara beberapa topic. Cara yang dugunakan yaitu memanipulasi satu atau lebih variable.

Praktek dari pengertian diatas yaitu dengan cara membagi responden menjadi dua kelompok. Satu kelompok dimanipulasi dengan pesan tertentu sedangkan kelompok lain tidak.

Perlu diperhatikan bahwa dalam pembagian kelompok tidak diperbolehkan adanya persamaan aliran golongan atau yang lain. Jadi sangat diharuskan dalam pembagian kelompok di lakukan secara acak.



C.Penerapan pendekatan Metode Kuantitatif

Setiap metode memiliki tempat penggunaan yang berbeda. Pendekatan kuantitatif kuantitatif dapat digunakan jika:

• Masalah yang merupakan titik tolak dari penelitian sudah jelas data-datanya.

• Kejelasan data dapat dilihat dari kelengkapan referensi. Dapat berupa sensus atau kesimpulandari penelitian orang lain.

• Peneliti ingin mendapatkan informasi yang luas dari suatu populasi, tetapi tidak mendalam. Bila populasi terlalu luas, maka penelitian dapat menggunakan sampel yang diambil dari populasi.

• Ingin diketahui pengaruh perlakuan (treatment) tertentu terhadap yang lain. Hal ini cocok jika menggunakan metode eksperimen yang merupakan bagian dari metode kualitatif. Misalnya; ingin meneliti pengaruh jamu tertentu terhadap derajad kesehatan.

• Peneliti bermaksud menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian dapat berbentuk hipotesis deskriptif, komparatif dan asosiatif.

• Peneliti ingin mendapatkan data yang akurat, berdasarkan fenomena yang empiris dan dapat diukur.

• Ingin menguji terhadap adanya keragu-raguan tentang validitas pengetahuan, teori dan produk tertentu.

D. Penggunaan Metode Kualitatif

Metode penelitian kualitatif dapat digunakan jika:

• Masalah penelitian belum jelas, masih remang-remang atau mungkin malah masih gelap. Sebab dengan metode kualitatif, peneliti langsung masuk ke objek penelitian dan dapat melakukan eksplorasi secara mendalam

• Ingin memahami makna dibalik data yang tampak. Karena gejala sosial sering tidak bisa dipahami berdasarkan apa yang diucapkan dan dilakukan orang

• Ingin memahami interaksi sosial. Karena interaksi sosial yang kompleks hanya dapat diurai kalau peneliti melakukan penelitian dengan metode kualitatif dengan cara berperan serta, wawancara mendalam terhadap interaksi sosial

• Ingin memahami perasaan orang. Karena perasaan orang sulit dimengerti kalau tidak ikut serta merasakan apa yang dirasakan orang tersebut

• Ingin mengembangkan teori. Pengembangan teori yang dimaksud dibangun berdasarkan situasi, kondisi dan teori yang diperoleh di lapangan

• Ingin memastikan kebenaran data. Karena data sosial sulit dipastikan kebenarannya jika belum menemukan apa yang dimaksud. Ibarat mau mencari siapa yang menjadi provokator, maka sebelum provokator yang dimaksud ditemukan, penelitian belum dinyatakan selesai

• Ingin meneliti sejarah perkembangan. Misalnya ingin melacak kehidupan seseorang tokoh, sejarah lembaga atau masyarakat, dan lain-lain



III

KESIMPULAN



Pendekatan kuantitatif merupakan teknik penelitian yang didalamnya mengguanakan cara sampling. Yang berarti dalam melakukan penelitian tidak harus melakukan secara menyeluruh tapi bisa jiga dilakukan dengan cara mengambil beberapa respondeng untuk me- general kan semua responden lain.

Sedangkan pendekatan kualitatif merupakan suatu metode penelitian yang menggunakan data-data. data dapat dilumpulkan dari beberapa literature yang berujud. Dapat berupa rekaman gambar atau rekaman tulisan.

Dari kedua pendekata terdapat kesamaan langkah yaitu langkah awal yaitu perumusan permasalahan yang dilanjut dengan penelitian. Dari sini akan muncul kesimpulan sementara lalu akan dilanjut penelitian tahap kedua guna memfalidasi kesimpulan awal.

Ternyata dalam penggunaanya, kedua metode memiliki syarat syarat tertentu yang harus dipenuhi.





DAFTAR PUSTAKA

Creswell ,John W. 1994. Research Design Qualitive and Quantitive Aproach. (California: Sage Publication)



Krisyantoro,Rahmat. 2008. Teknik Praktik Riset Komunikasi (jakarta:kencana,)



Mile, Matthew B. dan Huberman ,A,Michael, 1992, Analisis Data Kualitatif ; Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru (Penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi). jakarta : UI-PRESS



Panji ,Yearari. 2011. Metode penelitian komunikasi(universitas Mercu Buana)



Rakhmat Jalaluddin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi (Bandung:rosdakarya)



Suryana,Asep. 2007. Tahap-Tahap Penelitian kualitatif (Undip,)





http://alfiyah90.wordpress.com/2011/08/27/penggunaan-metode-penelitian-kuantitatif-dan-kualitatif-2/ diakses 20 oktober 2012

No comments:

Cara Daftar Akun Indodax

Jaman bitcoin semua orang ingin belajar dan berlomba mendapatkan cuan dari bitcoin. Tapi tahukan bahwa untuk mendapatkan keuntungan seorang ...