Saturday, October 06, 2012

Retorika - Metode Pidato

1.Impromptu
adalah sebuah metode berpidato yang dilakukan secara spontan. metode ini sering digunakan bagi mereka yang sudah memiliki jam terbang tinggi. metode ini sangat tidak disarankan bagi anda yang masih dalam taraf belajar karena metode ini sangat riskan dan sangat dekat dengan kegagalan.

2. Memoriter
memoriter merupakan metode yang dilakukan dengan cara menghafal pidato. langkah pertama yang dilakukan adalah membuat naskah pidato secara lengkap dari pembukaan sampai penutup kemudian teks tersebut dihafat kata demi kata. kelemahan dari tekhnik ini adalah ketika sedang berpidato kehilangan satu kata/ lupa satu kata maka kalimat sesudah kata tersebut tidak akan muncul dalam pikiran.

3.Teks/ Naskah
naskah pidato dibuat kemudian dibaca dari awal hingga akhir. namun metode ini terlihat sangat tidak advance, metode ini hanya cocok digunakan dalam pidato penting yang apabila ada kesalahan akan membuat permasalahan yang besar misal pidato kenegaraan/ pembelaan dalam sidang atau pidato tentang ke[putusan rapat.

4 Metode Ekstemporan
metode dilakukan dengan membuat poin-poin penting yang disusun secara berurutan. ada yang mengatakan metode ini tidak memerlukan pembuatan dnaskah namun sebenarnya perlu dilakukan pembuatan naskah terlebih dahulu baru dipilih poin poin yang penting dalam pidato tersebut.

No comments:

Cara Daftar Akun Indodax

Jaman bitcoin semua orang ingin belajar dan berlomba mendapatkan cuan dari bitcoin. Tapi tahukan bahwa untuk mendapatkan keuntungan seorang ...