Tuesday, August 28, 2012

peranan mahasiswa dalam pembangunan

Dimulai dengan menjelaskan arti kata pembangunan, pembangunan adalahp roses perubahan yang direncanakan untuk memperbaiki berbagai aspek kehidupan masyarakat.sedangkan Pembangunan nasional diartikan sebagai transformasi ekonomi, sosialdan budaya secara sengaja melalui kebijakan dan strategi menuju arah yang diinginkan.

Mahasiswa merupakan salah satu elemen dari satuan pemuda yang ada, kemudian pemuda merupakan tulangpunggung kemajuan suatu bangsa, pemudalah yang akan menentukan maju atau tidaknya sebuah bangsa dalam merintis perekonomian dan pembangunan. dengan demikian salah satu dari peran mahasiswa yaitu menyamai dengan tugas pemuda yaitu merintis perekonomian bangsa dan pembangunan negara.
dikaitkan lagi dengan mahasiswa, mahasiswa sering di kisahkan sebagai agen of change, hal ini memang benar sejarah mengatakan hal yang sama. di masa sekarang mahasiswa sangat dituntut untuk menjadi sosok pembaru dan penggerak terjadinya sebuah revolusi di segala lini yang dipandang memerlukan perubahan.
dimasa sekarang ini, mahasiswa khususnya seharusnya lebih bersemangat dalam melakukan gerakan karena banyak pihak yang mengapresiasi kemampuan pemuda melalui pelatihan, penghargaan bahkan beasiswa dan masih banyak lagi penghargaan lain yang dapat menambah motivasi mahasiswa dalam membantu pembangunan bangsa negara.
proses pembangunan ekonomi bangsa dapat dilakukan dengan cara mencintai produk dalam negeri, dibuktikan dengan membeli, memakai dan mempromosikan barang produksi negeri.
 Kontribusi mahasiswa dalam pembangunan nasional merupakan sebuah sumbangsih kaum mahasiswa dengan melibatkan keahlian dan bakatyang dimilikinya di bidang masingmasing demi kemajuan bangsa.
  • Mahasiswa sebagai Agent Of Change juga sering dianggap sebagai pemecah kebuntuan dan Problem Solver terhadap masalah-masalah yang dihadapi masyarakat dan juga pembawa perubahan ke arah yang lebih baik.
  • Contoh Kontribusi Nyata Mahasiswa
    Turut menghargai, melindungi dan melestarikan budaya asli Indonesia.
    Menjaga, melindungi, melestarikan flora dan fauna yang ada di Indonesia
    Mencintai, membeli, memakai produk dalam negeri
    Rajin belajar dengan sungguh-sungguh
    Membuang Sampah pada tempatnya
  • ContohKontribusiNyataMahasiswa
    Berkarya, berbakti untuk nama baik bangsa
    Menyumbangkan ide-ide(suara rakyat) ke pemerintah demi kemajuan pembangunan nasional

No comments:

Cara Daftar Akun Indodax

Jaman bitcoin semua orang ingin belajar dan berlomba mendapatkan cuan dari bitcoin. Tapi tahukan bahwa untuk mendapatkan keuntungan seorang ...