Tuesday, September 11, 2012

Merancang gerakan mahasiswa

disini aku nulis tentang bagaimana caramerancang sebuah gerakan bagi mahasiswa,, jujur saya menulis ini tanpa menggunakan buku atau referensi yang jelas,,, 
sedikit saya keluarkan bayangan dalam otak saya melalui tulisan. inipun seadanya karena saya juga belum berpengalaman dalam gerakan-gerakan yang dilakukan mahasiswa.


.....................
setiap kebijakan otoritas pemerintahan yang tida sejalan dengan kepentingan masyarakat sseing kali dibarengi dengan gerakan mahasiswa yaitu melalui demonstrasi. dalam penyususnan gerakannya ini tidak hanya membutuhkan yang namanya masa yang banyak namun juga diperlukan pengasaan isu yang akan di soroti. berikut saya paparkan secara singkat... sekali lagi ini hanya berdasar pada pengamatan pribadi dan bayangan dalam otak saya sendiri.

1. observasi Isu.
biasanya sebelu sebuah peraturan atau sebuah kebijakan di sahkan oleh pemerintah, akan muncul terlebih dahulu mncuat isu di kalangan politisi bahkan sampaikademusi khususnya mahasiswa.  setidaknya dua minggu sebelum rencana pngesahan kebijakan, observasi sudah selesai dilakukan.
2. Penggodogan hasil observasi
materi yang didapat dari observasi perlu si share kan dengan teman-teman sesama aktivis mahasiswa. disini dapat dilakukan pemantapan, apakan isu benarbenar tidak sejalan dengan masyarakat/menyalahi peraturan perundangan dll.
3.penyiapan tuntutan
jiaka benar benar tetjadi penyimpangan antara kebutuhan masyatakat atau bersimpangan dengan undang-undang maka, segera siapkan beberapa tuntutan mengenai kebijakan yang akan dibentuk tersebut,
4. sebarkan isu dan rencana tuntutan ke mahasiswa lain serta masyarakat.
gerakan penyebatran ini harus terselubung dan jangan sampai menggunakan selebaran atau tulisan tulisan yang mencolok,,, akan lebih baik jika dilakukan melalui lisan ke lisan.
kemudian pada malam harinya kumpulkan beberapa koordinator untuk melalukan pendalaman materi  orasi. satukan persepsi antar kordinator.
5.Audiensi
buat acara audiensi dengan pemerintah untuk diskusi membahas isu terkait. seringkali audiensi berjalan aalot dan apabila tuntutan mahasiswa tidak terpenuhi,, maka pagi hari nya turunkan masa
setelah mendapat hasil aaudiensi yang tidak sjalur,, segera sebarkan pesan yang berisikan kpastian turun kejalan pada pagi harinmya. siapkan segala perlengkapan megaphone, spanduk tuntutan dan spanduk kecaman.
6.Turun ke jalan
Demonstrasi akan efektif jika mahasiswa memulai long march lebih pagi,, usahakan sebelum jam 10.  dalam sertiap demonstrasi dibutuhkan korlap (koordinator lapangan) usahakan ada minimal 3 koorlap jika peserta 500-1000 orang jika kurang dari itu cukup 2. pastikan koorlap menggunakan pakaian dobel/ membawa baju ganti hal ini dilakukan untuk persiapan jika terjadi keributan dengan pihak kepolisian akan lebih mudah menyelamatkan diri. "koorlap tertangkap aksi bubar" hal ini berarti koorlap jangan sampai tertangkap polisi karena hal ini akan menghilangkan kendali de,onstran dan menyebabkan aksi akan mudah bubar. 

kayanya cuma itu dech....
salam pergerakan!!

No comments:

Cara Daftar Akun Indodax

Jaman bitcoin semua orang ingin belajar dan berlomba mendapatkan cuan dari bitcoin. Tapi tahukan bahwa untuk mendapatkan keuntungan seorang ...