Thursday, September 20, 2012

Retorika - Cara mempengaruhi menurut Aristoteles

aristoteles menyampaikan sebuah teori tentang bagaimana untuk bisa mempengaruhi orang lain. teori tersebut terdiri atas tiga elemen besar yaitu Ethos, Pathos, dan logos.


1. Ethos
ketika seorang sedang berpidato atau berceramah sesorang tersebut harus memiliki pengetahuan yang luas serta harus memiliki kepribadian yang terpercaya dan status yang terhormat.
dalam sebuah pidato seorang sangat diharamkan untuk mengatakan
"Saya bukan ahlinya dalam hal ini" atau "saya baru diberitahu harus berpidato" walaupun sebenarnya memang tidak siap namun, kalimat tersebut tidak boleh di ucapkan karena akibatnya akan menimbulkan rasa ketidakpercayaan dari audience terhadap apa yang di sampaikan dalan pidato yang akan disampaikanan.

2.Pathos
untuk membujuk audience mau melakukan ada yang kita ingikan perlu adanya proses emosional.  yang dimaksud proses emosional ini bukan berarti marah marah, melainkan dilakukan dengan menyentuh hati dan perasaan pendengar.
contoh:

 Orator: apakah saudara mau melihat keluarga kita mati di tepian jalan???
            apakah saudara tega melehat mereka kelaparan??

sudah barang tentu audience menjawab tidak, disini disampaikanlah apa yang menjadi keingainan orator. misalkan " marilah bersama kita mengayomi rakyat miskin" .

3. Logos
Orang di jaman ini sudah sangat kritis terhadap hal-hal yang didengar atau di ketahuinya, maka untuk dapat meyakinkan orang lain perlu adanya bukti bukti yang otentik dan memang benar benar terbukti. penyajiannya dapat disampaikan dengan menyebutkan hadits, peraturan  pemerintah, ataupun ayat alQur'an

No comments:

Cara Daftar Akun Indodax

Jaman bitcoin semua orang ingin belajar dan berlomba mendapatkan cuan dari bitcoin. Tapi tahukan bahwa untuk mendapatkan keuntungan seorang ...